Friday, 28 October 2016

Pemasaran dan Promosi - Perpustakaan

Didalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia usaha kata pemasaran, promosi, iklan, hubungan masyarakat , dan publikasi sering diartikan secara tidak jelas. bahkan tidak jarang dicampuradukan penggunanya. hal ini terjadi karena istilah-istilah itu saling berkaitan, sehingga orang acap kali menggunakanya secara berganti-ganti, dan akhirnya terjadi kesalahan dalam penggunaan istilah itu.
Namun, kalau mau diteliti dan dikaji secara mendalam dan dikembalikan kepada pengertian awalnya, maka istilah-istilah diatas mempunyai pengertian yang sedikit agak berbeda satu sama lain.
Inilah beberapa istilah pokok dalam pemasaran dan promosi yang mempunyai batasan masing-masing :

1. Pemasaran : kegiatan analisis perencanaan pelaksanaan dan pengendalian program-program yang telah dirancang secara cermat, yang dibuat untuk menciptakan tukar-menukar sesuatu secara sukarela untuk mencapai sasaran sesuai dengan tujuan organisasi.

2. Promosi : setiap kegiatan komunikasi yang bertujuan memperkenalkan produk pelayanan atau ide dengan saluran distribusi. Promosi adalah usaha yang dilakukan oleh penjual untuk membujuk pembeli agar menerima atau menjual lagi atau menyarankan kepada orang lain untuk memakai produk, pelayanan atau ide yang dipromosikan.

3. Iklan : segala bentuk penyajian dan promosi secara nonpribadi dari ide barang dan pelayanan yang dibayar oleh sponsor tertentu. melalui iklan, penjual menyampaikan berita kepada konsumen melalui media surat kabar, majalah, surat langsung atau melalui media lainya.

4. Publikasi : berita atau informasi tentang produk pelayanan atau ide yang dikeluarkan atas nama sponsor, tetapi untuk itu tidak dibayar oleh sponsor. publikasi biasanya cuma-cuma, karena itu perlu membayar runag atau waktu yang digunakan untuk menyampaikan berita.

5. Hubungan masyarakat : menurut stibitz adalah istilah yang luas, yang mencakup bnyak aspek dari hubungan organisasi dan konsumenya .
sasaran hubungan masyarakat adalah menciptakan dan mempertahankan pengertian timbal balik antara unit organisasi dan publik.

Uraian diatas banyak menggunakan istilah pemasaran dan promosi secara bergantian sesuai konteks pembahasan. meskipun demikian uraian tentang promosi akan ditekankan dalam hal-hal tertentu diuraikan pula aspek lain dari pemasaran. ini dimaksudkan karena aspek ini dianggap juga akan mempengaruhi efektivitas promosi itu sendiri. misalnya masalah dana, lingkungan, sumberdaya manusia, komunikasi dan sebagainya

No comments: